Penyebab Telat Datang Bulan dan Rekomendasi Cara Mengatasinya

Penyebab Telat Datang Bulan dan Rekomendasi Cara Mengatasinya
Penyebab Telat Datang Bulan dan Rekomendasi Cara Mengatasinya

27 January, 2019

Bagi perempuan yang sudah mengalami akil balik yakni yang berusia 11 hingga 50an, setiap bulannya pasti akan mengalami datang bulan atau menstruasi alias haid. Datang bulan adalah peristiwa dimana  keluarnya cairan darah pada rahim perempuan yang memasuki masa subur. Peristiwa ini merupakan hal yang normal dan rutin terjadi selama perkembangan para perempuan. Yang mampu menghentikan terjadinya siklus dari datang bulan ini ada beberapa hal diantaranya ada kehamilan, menyusui dan juga menoupause. Maka dari itulah alur datang bulan ini akan terus berulang setiap bulannya pada seluruh perempuan. Namun, terkadang terdapat beberapa perempuan yang memang mengalami keterlambatan pada siklus yang dipunyai tersebut. Tentunya penyebab telat datang bulan pada setiap wanita ini berbebeda-beda yang semuanya harus diketahui agar tau cara mengatasinya.

Penyebab telat datang bulan dan cara mengatasinya ini memang sangatlah penting untuk diketahui. Namun sebelum membahas mengenai hal tersebut, Anda harus mengetahui kategori keterlambatan yang dimaksud. Normalnya, setiap perempuan mengalami siklus datang bulan yang sama setiap periodenya yakni berjangka 21-35 hari dengan panjang 3-5 hari. Anda bisa meneliti sendiri setiap bulannya ditanggal berapa  menstruasi ini datang dengan jangka waktu normal yang telah ditetapkan. Apabila memang sudah melewati jangka waktu siklus tersebut  bisa langsung diatasi dengan beberapa cara ampuh baik secara alami menggunakan bahan khusus atau perubahan perilaku. Namun bila sudah parah yakni misalnya tiga periode terlewati, maka sudah sudah pasti harus segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus dan juga obat yang ampuh.

www.pexels.com

Daftar Penyebab Telat Datang Bulan

Kebanyakkan wanita terlebih yang sudah berhubungan seks menganggap bahwa penyebab telat datang bulan ini adalah kehamilan. Padahal ada banyak penyebab dari hal tersebut yang harus diketahui sekaligus diwaspadai. Pasalnya memang penyebab dari telatnya datang bulan ini bisa menunjukan ada sesuatu yang salah dengan diri Anda. Adapun daftar dari penyebabnya tersebut adalah sebagai  berikut:

  1. Masalah Berat Badan

Penyebab pertama dari telatnya datang bulan ini adalah masalah berat badan baik terlalu gemuk ataupun terlalu kecil. Bagaimana tidak, berat badan ini mampu mempengaruhi kelenjar dalam otak bernama hipotalamus. Kelenjar tersebut mempunyai peran dalam mengatur banyak proses penting yang berlangsung dalam tubuh, salah satunya adalah siklus datang bulan. Apabila berat badan mengalami penurunan yang berlebih atau kenaikan yang berlebih pula akan menganggu kinerja dari kelenjar tersebut. Selain itu, masih tergolong masalah berat badan pula, apabila terlalu kurus maka hormon estrogen dalam tubuh juga tidak bisa dilepaskan dengan baik. Padahal hormon tersebut mempunyai fungsi untuk membangun dinding rahim.  Sebaliknya apabila badan terlalu gemuk maka akan membuat hormon estrogen dihasilkan secara berlebih. Kekurangan dan kelebihan hormon estrogen akibat masalah berat badan ini sama sekali tidak baik dan mampu menyebabkan terlambatnya datang bulan karena  ketidakmampuan untuk membuat tubuh melepaskan sel telur.

  1. Hormon yang Tidak Seimbang

Hormon yang tidak seimbang juga menjadi penyebab dari telatnya datang bulan. Salah satu penyakit dari ketidakseimbangan hormon ini adalah PCOS alias sindrom ovarium polikistik. PCOS merupakan penyakit dimana hormon seks pada perempuan tidak seimbang keadaannya. Dampak dari ketidakseimbangan hormon ini mampu membuat dalam rahim tumbuh kista ovarium. Kista ovarium inilah yang mencegah teratur bahkan membuat berhentinya pelepasan telur. Akibatnya adalah telatnya datang bulan sampai pada berhenti. PCOS tidak hanya mempunyai tanda berupa haid yang terlambat saja, tetapi ada pula gejala lainnya yakni seperti timbulnya jerwat, berat badan yang naik hingga rambut yang tumbuh dengan berlebih.

  1. Adanya Penyakit

Timbulnya beberapa penyakit juga mampu menjadi penyebab dari  telatnya datang bulan pada perempuan. Hal ini tentunya harus diwaspadai dengan baik. Misalnya saja penyakit seperti hipertiroid yang mana mempunyai hubungan dengan kelenjar tiroid. Anda harus mengetahui bahwa kelenjar ini mempunyai tugas untuk mengatur proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh.  Tak hanya hiperteroid ini saja, masih ada beberapa penyakit lain yang mampu menyebabkan telatnya datang bulan seperti penyakiit celiac dan juga diabetes.  Pada diabetes, apabila sudah masuk pada kategori parah maka akan membuat periode pada siklus datang bulan sama sekali tidak  teratur sehingga keterlambatan akan dialami. Sementara itu pada penyakit celiac sendiri, mampu menyebabkan keterlambatan siklus tersebut. Penyebabnya karena penyakit ini mencegah tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan bagi tubuh misalnya untuk metabolisme yang berpengaruh pada siklus datang bulan ini.

  1. Perimenopause

Para perempuan yang akan atau telah memasuki masa perimenoupause akan mengalami keterlambatan datang bulan.  Perimenopause ini sendiri adalah masa transisi dimana perempuan beranjak dari usia yang reproduktif ke usia yang sudah tidak reproduktif alias nonreproduktif.  Umumnya masa perimenopause ini akan dialami para perempuan 2-8 tahun sebelum benar-benar menopause. Pada masa tersebut, perempuan mengalami pengurangan hormon estrogen yang mana merubah pula siklus datang bulan menjadi telat. Tidak hanya itu saja ciri dari masa perimenopause ini, Anda juga akan mengalami kesulitan ketika ingin tidur, vagina yang kering, ketika malam hari berkeringat dan juga suasana hati yang berubah-ubah.

  1. Stres

Penyebab dari telatnya datang bulan berikutnya adalah stres. Ketika stres sedang dialami maka akan berpengaruh pada seluruh tubuh termasuk didalamnya adalah hormon gonadotropin (GnRH).  Apabila hormon ini mengalami penurunan  jumlah yang banyak maka akan membuat telatnya datang bulan pasalnya pelepasan sel telur wanita yang tertunda akibat penurunannya. Biasanya, setelah nantinya stres berhasil diatasi siklus datang bulan akan lancar kembali tanpa ada keterlambatan.

  1. Terlalu Ekstrim dalam Berolahraga

Berat badan yang terlalu gemuk dan terlalu kurus menjadi salah satu penyebab dari telatnya datang bulan. Memang untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan olaharaga. Namun perlu dicatat bahwa olahraga ini tidak boleh dilakukan secara ekstrim sebab bila dilakukan maka akan membuat tertundanya dan tidak teraturnya siklus datang bulan yang dipunyai.  Pasalnya apabila olahraga secara ekstrim ini bisa membakar lemak secara berlebihan padahal lemak ini diperlukan dalam tubuh. Apabila sudah kekurangan lemak, maka secara otomatis tubuh akan mengambil dan menyimpan berbagai sisa energi yang dipunyai dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menghentikan aktifnya sistem dalam tubuh termasuk sistem reproduksi.

  1. Pengunaan Alat Kontrasepsi Hormonal

Para wanita yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti pil KB akan mengalami keterlambatan datang bulan. Penyebabnya adalah obat tersebut mempunyai kandungan hormon progestin dan juga hormon estrogen yang mampu memberhentikan produksi dari sel telur.  Nantinya, apabila sudah tidak menggunakan alat kontrasepsi hormonal ini, siklus datang bulan akan kembali normal setiknya hingga 6 bulan lamanya. Sebaiknya apabila ingin menggunakan alat kontrasepsi, silahkan pilih yang nonhormonal agar tidak menyebabkan keterlambatan pada siklus datang bulan ini.

  1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Perempuan yang mempunyai gaya hidup yang tidak sehat akan mengalami keterlambatan dalam siklus datang bulan. Misalnya saja gaya hidup  yang merokok, minum minumal alkohol, begadang dan masih banyak lagi. Pasalnya dalam gaya hidup yang tidak sehat ini mampu mempengaruhi tingkat stress dan keseimbangan hormon yang berdampak langsung pada siklus datang bulan. Terutama merokok yang didalamnya terdapat kandungan zat berbahaya yang sangatlah banyak salah satunya nikotin. Nikotin ini mampu membuat mempengaruhi hormon progesteron dan hormon estrogen menjadi terganggu. Padahal hormon tersebut yang berguna untuk proses siklus datang bulan para wanita.

www.pexels.com

Rekomendasi Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Terampuh

Penyebab telat datang bulan pada perempuan ini dapat diatasi dengan beberapa cara terampuh. Cara untuk mengatasi telat datang bulan yang terampuh ini akan dibagi secara umum, menggunakan bahan alami dan juga obat. Tentunya apabila menggunakan obat, terlebih dahulu Anda harus pergi ke dokter. Berikut adalah beberapa rekomendasi cara mengatasi telat datang bulan yang terampuh:

  1. Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Terampuh Secara Umum

Secara umum, terdapat beberapa cara untuk mengatasi telat datang bulan. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

  1. Olahraga dan Istirahat yang Cukup

Cara pertama untuk mengatasi berbagai penyebab dari telatnya datang bulan ini adalah dengan olahraga yang cukup. Seperti yang telah disebutkan bahwa olahraga yang berlebihan ini mampu menghilangkan lemak secara berlebih. Selain itu, istirahat yang cukup juga diperlukan untuk mengatasi datang bulan yang terlambat ini. Dengan istirahat yang cukup mampu menyebbakan hormon yang mempengaruhi datang bulan berkerja dengan baik. Selain itu, kelenjar hypotalamus yang juga berpengaruh pada siklus ini juga akan  bekerja dengan semestinya yang tidak terganggu sama sekali.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Gizi Tinggi dan Menyehatkan

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi dan menyehatkan ini bisa mengatasi telat datang bulan. Pasalnya dengan makanan tersebut mampu membuat produksi hormon yang berperan dalam siklus ini berjalan dengan baik. Pastinya apabila sudah seperti itu, keterlambatan datang bulan tidak akan dialami lagi.

  1. Melakukan Gaya Hidup yang Sehat

Apabila ingin keterlambatan datang bulan ini teratasi dengan baik, maka silahkan biasakan hidup dengan gaya hidup yang sehat. Hindari kebiasaan begadang, merokok dan mengkonsumsi minuman yang mengandung beralkohol. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi air putih yang banyak Dengan begitu siklus datang bulan tidak akan terlambat atau terganggu lagi.

  1. Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Terampuh Menggunakan Bahan Alami

Terdapat beberapa bahan alami yang mampu mengatasi berbagai penyebab dari telatnya datang bulan ini. Berbagai bahan alami ini mudah untuk ditemukan dan diolah untuk dikonsumsi sehingga tidak perlu ada kekhawatirkan atau ketakutan sama sekali. Tidak akan ada efek samping yang akan didapatkan ketika mengkonsumsi berbagai bahan alami tersebut. Adapun berbagai bahan alami yang digunakan untuk mengatasi datang bulan ini adalah sebagai berikut:

www.pexels.com

  1. Daun Pepaya

Kandungan yang ada dalam daun pepaya ini sangatlah mengesankan mulai dari vitamin A, B, C, D dan E beserta kalsium. Walaupun memang rasanya sangatlah pahit, tetapi karena kandungannya ini banyak orang tetap mengkonsumsinya untuk mengobati berbagai hal salah satunya untuk mengatasi telatnya datang bulan. Cara untuk mengolah daun pepaya ini sendiri sangatlah mudah. Silahkan ambil beberapa daun pepaya dan rebuslah. Tambahkan garam dan juga asam jawa kedalam rebusan tersebut dan tunggu sampai hanya terisisa satu gelas saja. Barulan setelah itu, Anda bisa segera meminumnya dengan rutin.

  1. Air Kelapa Hijau

Senyawa laurat terkandung dalam air kelapa hijau. Senyawa tersebut mampu untuk melawan banyak sekali penyakit karena fungsinya sebagai anti virus, anti bakteri dan juga anti jamur. Terdapat pula beberapa kandungan zat yang memang dibutuhkan dalam tubuh pada air kelapa hijau ini. Dengan mengkonsumsi air kelapa secara teratur bisa mengatasi siklus datang bulan yang terlambat pada perempuan.

  1. Kunyit dan Jahe

Kunyit dan jahe adalah  bahan alami yang tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur tetapi juga bisa sebagai bahan yang mengatasi masalah keterlambatan datang bulan. Pada kunyit sendiri karena adanya kurkumin yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan dan ati inflamasi. Sedangkan pada Jahe ini terkandung senyawa seperti kalsium, vit a, vit c, vit b2, sodium dan masih banyak lagi. Berbagai kandungan yang ada pada kunyit dan jahe inilah yang mampu memperlancar datang bulan agar tidak terlambat lagi. Anda hanya perlu meminum air seduhan ataupun jamu dari kedua bahan ini secara teratur.

  1. Anggur Hitam

Perlu diketahui bahwa buah anggur hitam ini adalah salah satu  bahan alami yang mampu mengatasi telat datang bulan.  Pasalnya pada buah ini terkandung zat besi yang kaya yang mana berfungsi untuk mengatur siklus datang bulan. Anda bisa langsung mengkonsumsi buahnya ataupun mengkonsumsi jusnya.

  1. Cara Mengatasi Datang Bulan Terampun dengan Menggunakan Obat

Obat Telat Bulan yang digunakan untuk mengatasi telat datang bulan ini haruslah didapatkan dengan resep dokter ataupun tenaga medis yang terpercaya.  Hal tersebut dikarenakan ada beberapa obat yang mampu mengatasi telat datang bulan ini yang diproduksi oleh tenaga media dan sudah mendapatkan izin dari BPOM. Berikut adalah beberapa obat yang sering direkomendasikan  dan terbukti mampu mengatasi datang bulan:

  1. Serophene atau Clomiphene Citrate

Serophone ini adalah obat untuk mengatasi datang bulan pertama yang sering digunakan para wanita. Dokter dan tenaga medis pun sering merekomendasikan obat yang satu ini.  Obat ini akan diberikan kepada perempuan yang mempunyai siklus ovulasi tidak teratur. Khasiat dari obat ini mampu merangsang berbagai produksi hormon penting dalam proses datang bulan yakni Luteinizing Hormone (LH),  Gonadotropin-releasing hormone (GnRH), dan follicile-Stimulating hormone (FSH). Berkat adanya berbagai hormon pada obat tersebut akan terangsang produksi sel telur yang teratur. Efek samping dari pengunaan obat ini adalah sakit kepala, sensasi panas tubuh, kembung dan mual.

  1. Dostinex dan Parlodel

Parlodel dan Dostinex adalah obat yang digunakan untuk mengatur hormon yang menjadi penghambat ovulasi.  Efek samping dari pengunaanya adalah sakit perut dan juga pusing.

www.pexels.com

  1. Obat Hormon Suntik

Beberapa obat yang digunakan untuk memperlancar siklus datang bulan agar tidak terlambat lagi ini adalah hormon sintetik yang disuntikan langsung pada tubuh.  Hal ini untuk menambah beberapa hormon yang kurang pada tubuh agar mempunyai komposisi yang pas.

Silahkan Anda cermati semua penyebab telat datang bulan yang telah disebutkan. Barulah setelah itu silahkan cari cara mengatasi yang paling tepat mulai dari yang secara umum hingga menggunakan bahan alami. Apabila memang sudah tidak mampu lagi diatasi dengan cara tersebut, silahkan pergi ke dokter runtuk mendapatkan beberapa rekomendasi obat yang telah disebutkan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *